Berkunjung Ke Candi Singosari Malang

Sebelumnya sebagai orang yang relatif masih baru di Surabaya saya mengira kalau Candi Singosari berada di wilayah Kediri karena masih terngiang-ngiang ingatan saya sebuah kerajaan yang ada hubungannya dengan Kadiri. Namun ternyata saya salah menduga setelah diberi tahu tetangga kalau Candi tersebut berada di Malang.

Hari Jum’at yang lalu sayapun berkunjung ke Malang untuk bersilaturahmi dengan adik saya dan tentunya tidak disia-siakan untuk melihat keindahan Candi Singosari yang ternyata lokasinya sangat dekat dengan jalur Surabaya – Malang itu.

Seperti kita ketahui bahwa Candi Singosari sangat erat hubungannya dengan sejarah Kerajaan Singosari yang terkenal dengan Ken Arok dan Ken Dedes-nya, Anusapati, Tohpati dan sebagainya. Dan tentu saja masih dalam ingatan kita dengan Desa Tumapel, Keris Empu Gandring dan Kebo Ijo yang menghiasi cerita dalam buku-buku sejarah yang pernah kita pelajari. Candi Singosari itulah salah satu peninggalan atau dalam kata lain bukti sejarah kehidupan Kerajaan Singosari dulu.

Berada di Kecamatan Singasari, Candi ini nampak terawat dan sangat bersih. Kami sekeluarga betah berlama-lama di tempat ini.

Candi Singosari

Untuk masuk ke tempat ini kita hanya diminta untuk mengisi buku tamu. Adapun biaya hanya dikutip berdasarkan semampu kita saja. Saya sendiri karena kebetulan berempat saya menyisipkan Rp 20.000,-. Jadi sekali lagi besarnya seikhlasnya kita saja. Betul-betul sebuah area untuk wisata sejarah yang murah dan menyenangkan.

Bagi yang suka foto-foto seperti saya, saya yakin Candi ini merupakan tempat hunting foto yang baik dan lagi-lagi murah. Taman yang indah dan bersih menghiasi area Candi yang kokoh dan gagah berdiri di tengahnya.

Itulah sekilas tentang lokasi Candi Singosari, sebuah tempat wisata sejarah dan bagi para fotografer adalah tempat hunting foto yang ada di Malang yang terkenal sejuk itu.